Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba-tiba - Jim Ponsel

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba-tiba

 Sinyal yang hilang tentu sering menjadi penyebab kita kesal, bukan? Apalagi jika sedang buru-buru tapi tiba-tiba ponsel tidak mendapat jaringan apapun. Sebenarnya ada beberapa penyebab sinyal ponsel hilang, lho. Kamu harus tahu agar bisa mendapat cara mengatasi sinyal hp hilang. Yuk simak!

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba-tiba

Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana mengatasi masalah sinyal tersebut, yuk simak dulu beberapa penyebab sinyal hilang, siapa tahu salah satunya adalah permasalahan kamu, kan? inilah Beberapa Penyebab Sinyal HP Hilang.


1. Area tidak terjangkau sinyal

Sinyal bisa saja hilang karena area yang sedang kamu tempati memang tidak dijangkau oleh layanan provider. Area seperti ini biasanya dinamakan dengan blind spot.

Memang ada beberapa daerah yang belum dijangkau provider tertentu. Biasanya ada alternatif provider lain ketika satu provider bermasalah. Selain itu, WiFi masih bisa digunakan pada area blind spot tersebut meskipun ya kecepatannya tidak akan maksimal.

Ketika ada di situasi seperti ini, cara mengatasi sinyal hp hilang yang bisa kamu lakukan adalah bertanya provider apa yang bisa digunakan pada warga setempat atau  segera mencari WiFi corner.


2. Cuaca buruk

Cuaca buruk juga sering menjadi salah satu penyebab hilangnya sinyal dari ponsel. Cuaca buruk ini meliputi hujan deras, badai, bahkan angin kencang. Hal ini berkaitan dengan arus listrik yang biasanya dimatikan sejenak agar wilayah sekitar BTS atau tower listrik aman.

Jika kamu ada pada kondisi ini, sebaiknya memang kamu tidak menyalakan ponsel dulu karena rawan terkena konsleting arus pendek listrik dari ponsel kamu.


3. Maintenance provider

Layanan provider sering melakukan maintenance agar jasa mereka tetap bisa dinikmati dengan sempurna. Biasanya maintenance ini dilakukan saat tengah malam atau pagi buta ketika arus internet atau pengguna ponsel tidak masif. Namun, ada beberapa provider yang juga melakukannya di siang hari.

Apabila ponsel kamu bermasalah karena ini, tunggu saja beberapa saat. Lama waktu maintenance biasanya dari 10-30 menit, tidak akan lama. Cek juga berita berkala yang sering diposting pada official media sosial mereka.


4. Listrik padam

Listrik padam juga berpengaruh pada kualitas dan kecepatan sinyal ponsel. Hal ini dikarenakan arus listrik yang diterima BTS atau tower dan akan didistribusikan sebagai sinyal terganggu. Tapi tenang, BTS mempunyai baterai cadangan, jadi masih bisa bertahan hingga beberapa jam kedepan saat listrik padam.


5. Kartu provider mati

Hayo coba cek, siapa tahu sinyal kamu hilang karena kartu provider kamu sudah mati? Ada beberapa provider yang memang tidak memberi notifikasi ketika kartunya masuk masa tenggang. Tiba-tiba sinyal hilang dan kartu sudah tidak bisa diakses.

Jadi, jangan lupa selalu cek berkala kartu kamu, ya. Bila perlu isi pulsa rutin, paling tidak lima hingga sepuluh ribu setiap bulan agar tetap berfungsi.


Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang dengan Mudah

1. Hidupkan mode pesawat

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah nyalakan mode pesawat. Cukup 3-5 menit, kemudian matikan, dan tunggu hingga sinyal kembali stabil. Cara ini seringkali ampuh untuk mengembalikan sinyal yang hilang, lho!


2. Restart perangkat

Kamu bisa mencoba restart perangkat atau boot ulang ponsel jika mode pesawat tidak membantu. Lakukan secara berkala hingga sinyal kembali stabil, ya!


3. Pastikan posisi kartu benar

Ponsel yang sering jatuh memungkinkan posisi kartu provider tidak sesuai tempatnya. Kamu bisa coba cek dan pastikan apakah kartu sudah ada di tempat yang tepat. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap sinyal, lho!


4. Ganti provider

Apabila cara mengatasi sinyal HP hilang di atas tidak membantu, kamu bisa mencoba ganti provider kamu. Siapa tahu memang lokasi kamu tidak support dengan provider yang sekarang, sehingga ganti kartu adalah solusinya.Semoga ulasan tentang cara mengatasi sinyal hp hilang ini bermanfaat ya.

Subscribe to receive free email updates: